akikah atau aqiqah

Lakukan Akikah Atau Aqiqah Untuk Menebus Anak Kita – Sebuah teladan yang harus dilakukan adalah melaksanakan aqiqah ketika anak kita dilahirkan. Aqiqah semata dilakksanakan untuk melakukan sebuah ibadah kepada sang Maha Pemberi. Karena semua ibadah  yang kita lakukan akan mendapatkan pahala baik itu manfaat maupun hikmah pada kehidupan kita.

Seperti halnya aqiqah, yang merupakan sebuah tradisi umat Islam untuk melaksanakan ibadah kepada Allah. Dalam rangka bentuk rasa syukur atas karunia sang anak yang telah dilahirkan ke dunia ini. Aqiqah merupakan bahasa arab yang memiliki arti Pengurbanan hewan yang sesuai dengan syariat Islam. Pengurbanan hewan tersebut sebagai bentuk rasa syukur dan penebusan anak terhadap Allah SWT.

Penjelasan Dan Hikmah Akikah Atau Aqiqah

Akikah atau aqiqah berasal dari kata al-aqqu yang memiliki arti memotong. Dengan penjelasan rinci yaitu memotong hewan aqiqah dengan sebuah doa yang dikhususkan untuk sang anak sesuai syariat agama Islam. Acara syukuran aqiqah sendiri di laksanakan sekaligus dengan memberikan sebuah nama kepada sang anak.

Tak hanya akan mendapatkan sebuah ketenangan dan juga pahala bagi yanng melaksanakannya. Tetapi kita juga telah  melaksanakan  teladan para Nabi. Hukum  aqiqah adalah sunnah muakkad yang dishahihkan oleh beberapa  hadist.  Dan juga Teladan Nabi yang telah lebihh dulu melaksanakan aqiqah sebagi penebusan diri anaknya

Akikah atau aqiqah merupakan satu kebutuhan diri kita, bukan hanya sekedar beribadah saja. Karena dengan Ditunaikannya Ibadah aqiqah artinya kita bisa mendapatkan manfaat dan hikmah dari acara aqiqah tersebut. Berikut Adalah hikmah yang akan kita dapatkan dengan melaksanakan Aqiqah.

Menebarkan Jejak Para Nabi

Menjalankan sunnah Nabi yang meneladani kisah Nabi Ibrahim. Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Ibrahim telah rela mengorbankan anaknya yaitu Nabi Ismail kepada Allah SWT. Akan tetapi Allah menebus Nabi Ismail Tercinta dengan penuh cinta. Untuk Meneruskkan teladan para Nabi dan Rosul, lakukanlah aqiqah agar teladan tersebut tetap lestari.

Terhindar Dari Godaan Syaitan

Setiap anak memiliki pergadaiannya sendir dengan segala yanng akan dijumpainya kelak di dunia. Sama seperti godaan syaitan di muka bumi ini yang akan dapat mengganggu kehidupan anak tersebut. Maka dengan melaksanakan akikah atau aqiqah, Anak tersebut akan terhindar dari buruknya godaan syaitan. Oleh karena itu, aqiqah dilaksanakan agar dapat melindungi anak kita dari segala godaan syaitan yang menyesatkan.

Sebagai Bentuk Sebuah Tebusan Sang Anak Dan Sebuah Pendekatan Diri Kepada Allah SWT

Salah satu bekal amalan orang tua dii akhirat kelak adalah amalan sang anak. Karena anak tersebut tergadai untuk memberikan syafaat kepda kedua orangtua nya. Dan juga sebagai sebuah bentuk pendekatan diri kepada Allah Sang Maha Memberi dan Maha Pencipta. Karena dengan Ditunaikannya acara syukuran aqiqah maka amalan sang anak akan mengalir Pula pada kedua orang tuanya.

Alat Untuk Memperkuat Silaturahim Persaudaraan

Akikah atau aqiqah yang kita laksanakan akan menjadi sebuah bentuk rasa bahagia yang dibagikan kepada sesama. Oleh Sebab itu aqiqah Memberikan manfaat untuk mempererat persaudaraan kita Kepada orannglain dan saudara kita. Dan juga meminimalkan kemiskinan dengan membagikan daging kepada sang fakir miskin.

Mlaksanakan aqiqah memnglah tidak wajib. Akan tetapi, jjika kita ingin menndapatkan syafaatt dan hikmah dari acara syukuran aqiqah tersebut, hukumnya menjadi wajib. Karena jika tidak ditunaikan maka segala manfaat yang akan kita daatkan tiidak akan menglir.  Dengan kata lain ada penghambatt diperjalanan.

Itulah penjelasan singkat tentang arti akikah atau aqiqah yang harus kita laksanakan.   Apapun jjenis keuangan kita saat ini,  jika kita niat mampu,  maka Allah akan mampukan dengan menadatangkan rezeki dari arah yang tak terduga.

Artikel Terkait

Rekomendasi 4 Undangan Aqiqah Anak Penuh Inspirasi

Ketentuan dan Tata Cara Aqiqah Untuk Anak Laki laki dan Aqiqah Anak Perempuan

Jasa Aqiqah Murah di Bandung | 082115300900

Sosial Media dombadombi.id

INSTAGRAM
FACEBOOK