aqiqah anak laki laki, wujud rasa syukur

AQIQAH ANAK LAKI LAKI

 

Dalam Islam di ajarkan setiap bayi yang lahir di sunnahkan untuk selalu di tunaikan Aqiqahnya, sebagai wujud rasa syukur Ayah dan Bunda kepada Allah SWT atas kelahiran sang buah hati. Anjuran  untuk melaksanakan Aqiqah Anak merujuk ke hadist berikut ini:

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

 

“Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya).

 

Kemudian dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy berkata jika Rasulullah bersabda,

 

“Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” (Shahih Hadits Riwayat Bukhari).

 

Lalu dari Samurah bin Jundab berkata jika Rasulullah bersabda,

 

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya di sembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya].

 

Untuk Bayi laki laki di sunnahkan menyembelih dengan dua ekor kambing atau Domba, sedangkan bayi perempuan hanya dengan satu ekor domba.

 

Perbedaan jumlah domba sembelihan, dikarenakan kondisi sosial dan pola pemikiran masyarakat Arab di zaman Rasulullah. Dimana pada saat itu kehadiran anak laki laki lebih di senangi daripada anak perempuan. (Abu Ishaq as-Sirazi, al-Muhadzdzab, Juz I, hal. 241).

 

Semoga Informasi nya bermanfaat ya Ayahbunda, yuk segera tunaikan Aqiqah untuk sang Buah Hati, ga usah kemana mana lagi, di Dombadombi aja.

 

Informasi dan Pemesanan

 

KLIK! https://wa.me/6282115300900

 

Website

 

 

Instagram

 

https://www.instagram.com/dombadombi.id/

 

#aqiqahuntukanaklakilaki #paketaqiqahuntukanaklakilaki #dekorasiaqiqahuntukanaklakilaki #hargaaqiqahuntukanaklakilaki #aqiqahuntukanakperempuan #syarataqiqahuntukanaklakilaki #dombaaqiqahuntukanaklakilaki #aqiqahanaklelaki