Aqiqah Dengan Kambing Betina

Bolehkah Aqiqah Dengan Kambing Betina? Begini Jawabannya Supaya Jelas – Ketika Anda ingin membeli hewan ternak untuk aqiqah, umat muslim dianjurkan agar memilih yang terbaik. Anda disarankan memastikan sendiri bagaimana kondisi hewan ternak tersebut, agar mampu memenuhi syarat syarat untuk dijadikan hewan aqiqah.

Termasuk mengenai pemilihan hewan terbak sapi, kambing, unta, atau bahkan domba. Tetapi nyatanya, memilih hewan aqiqah tidaklah semudah itu mengingat beberapa di antara kita mungkin belum terlalu paham syaratnya. Atau bahkan, terkadang juga muncul kebingungan dan rasa cemas ketika memilih apa jenis kelamin yang tepat untuk disembelih.

Banyak orang bingung saat dihadapkan pilihan untuk menetapkan hewan yang jantan atau pun hewan betina. Apalagi, setiap orangtua tentu ingin memilihkan hewan yang terbaik sebagai keutamaan ibadah aqiqah. Namun terkadang, kita bingung ketika ingin menjalankan aqiqah dengan kambing betina.

Menjawab Pertanyaan Aqiqah Dengan Kambing Betina

Di masyarakat seringkali muncul pertanyaan mengenai aqiqah. Salah satunya adalah ‘bolehkah menjalankan aqiqah dengan memilih jenis kambing betina? Pertanyaan seperti ini memang seringkali memusingkan apabila tidak mendapat jawaban yang tepat, sedangkan Anda telah mempersiapkan kambing betina.

Menjawab pertanyaan seputar aqiqah dengan kambing betina, sebenarnya hal ini tidaklah dijelaskan secara eksplisit dalam suatu nash. Termasuk di dalam Al-Qur’an atau bahkan al hadits yang berkaitan dengan keutamaan jenis kelamin yang akan dipakai sebagai hewan aqiqah.

Tetapi, beberapa para ulama mengqiyaskan mengenai kasus jenis kelamin hewan aqiqah yang didasarkan atas pemilihan hewan qurban. Hal ini berlaku sama, di mana Imam An-Nawawi dalam Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzzab menjelaskan bahwa jenis kelamin yang dipilih bebas.

Beliau menjelaskan terkait adanya kebolehan dalam menentukan apa jenis kelamin hewan ternak, apakah jantan atau betina. Penyebabnya adalah karena tidak adanya keutamaan atas salah satu jenis kelamin tertentu yang akan dipilih untuk hewan aqiqah yang akan disembelih.

Aqiqah Dengan Kambing Betina yang Besar

Memang dalam memilih jenis kelamin kambing, yang paling terpenting ialah kesesuaian antara hewan aqiqah dengan syarat yang harus dipenuhi. Yaitu jumlahnya kambing aqiqah ada 2 ekor jika anak lelaki, serta 1 ekor kambing jika anak perempuan. Selain itu, penting juga mengetahui kondisi hewan ternak yang tanpa cacat, kebutaan, tidak pincang, serta tidak kurus.

Namun sangat dianjurkan supaya Anda lebih memilih untuk menentukan kondisi kambing dengan kelamin jantan. Karena kelamin jantan dinilai lebih bagus, pasalnya menawarkan harga yang lebih mahal dan cenderung lebih gemuk. Jadi lebih baik Anda menjalankan aqiqah dengan memilih domba besar, sehat, gemuk dan berkelamin jantan.

Ini cara yang dianggap paling sesuai seperti pelaksanaan Rasulullah SAW. Tetapi bila Anda memiliki kemampuan untuk ber aqiqah kambing betina, maka hal ini tetap diperbolehkan dan juga tidak dilarang. Agama Islam memudahkan umatnya untuk menunjukkan rasa syukurnya tanpa menyulitkan.

Pastikan kalau hal ini yang cocok dan sudah sesuai dengan aturan dalam Al-Quran dan juga Assunnah ash-shohihah. Seperti penjelasan sebelumnya, yang terpenting hewan untum aqiqah ini bebas dari ‘aib. Pernyataan ini merupakan pendapat dari jumhur ulama dan juga pengalaman fiqih.

Termasuk disunahkan pula mengagungkan perintah Allah dengan menyembelih hewan ternak yang bagus. Kesimpulannya, hewan ternak tidaklah harus berjenis kelamin jantan tetapi boleh juga aqiqah dengan kambing betina. Hanya saja, sebagai wujud syukur atas kelahiran, banyak orang lebih memilih kambing yang jantan, sehat dan gemuk.

Baca Juga:
Perbedaan Utama Qurban Dan Aqiqah
Tips Mencari Rekomendasi Aqiqah Bandung Yang Profesional
Rekomendasi 4 Undangan Aqiqah Anak Penuh Inspirasi
Ketentuan dan Tata Cara Aqiqah Untuk Anak Laki laki dan Aqiqah Anak Perempuan
Jasa Aqiqah Murah di Bandung | 082115300900

Support & Follow Sosial Media
Instagram & Facebook