Aqiqah Di Bandung

Tips Memilih Paket Aqiqah di Bandung

Tips Memilih Paket Aqiqah di Bandung _ Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda bahwa bayi sesungguhnya masih tergadai dengan aqiqahnya. Sehingga pada hari ketujuh harus diadakan aqiqah berupa menyembelih kambing kemudian dibagikan dagingnya. Serta mencukur rambutnya lalu memberikan nama yang baik. Sedang hukum aqiqah adalah sunnah.

Mazhab Maliki berpendapat, aqiqah tidak boleh lebih dari hari ketujuh. Sedangkan Imam Hambali berpendapat aqiqah masih bisa dilakukan pada hari ketujuh atau keempat belas. Adapun mazhab Syafi’i mengatakan bahwa aqiqah masih menjadi tanggung jawab orang tua hingga anak mencapai akil balig. Ketika anak sudah dewasa, gugurlah kewajiban sang ayah. Namun anak bisa mengaqiqahi diri sendiri.

Melaksanakan aqiqah di Bandung tidak terlalu sulit. Karena cukup banyak pedagang kambing yang mudah ditemui di kota ini. Mengenai kambing untuk aqiqah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Yakni berumur lebih dari satu tahun, tidak memiliki cacat dan disembelih sesuai syariat Islam.

Pada dasarnya ajaran Islam itu memudahkan, terutama dalam pelaksanaan kehidupan. Yang tentunya sesuai dengan referensi dalil yang shohih, yang bersumber dari Al-qur’an dan Hadist.

Aqiqah cukup dikerjakan sekali seumur hidup, berbeda dengan qurban pada idul adha yang boleh dilaksanakan tiap tahun. Selain itu daging yang akan dibagikan tidak boleh dalam keadaan mentah. Harus sudah diolah dan siap santap saat dibagikan kepada orang yang menerima daging.

Namun tidak semua ayah atau orang tua sanggup melakukan proses aqiqah sendiri karena disibukkan oleh berbagai kegiatan lain. Karena itu bisa diwakilkan kepada pihak yang menyediakan paket jasa aqiqah. Banyak yang menawarkan paket aqiqah di Bandung sehingga orang tua tidak lagi kelimpungan.

4 Trik Memilih Jasa Penyedia Paket Aqiqah di Bandung

Sekarang ini banyak penyedia jasa aqiqah yang menawarkan paket beragam. Mulai dari menyiapkan daging dan mengantarkan ke tempat acara, bahkan ada pula yang menawarkan dekorasi saat acara berlangsung. Karena aqiqah hanya akan dilaksanakan satu kali saja seumur hidup, tidak ada salahnya bagi Ayah dan Bunda untuk mencari penyedia jasa terbaik. Berikut trik dan tip memilih jasa aqiqah di Bandung.

 Harga Yang Terjangkau

Pilih penyedia jasa aqiqah yang menawarkan paket dengan harga terjangkau dan masuk akal. Jangan sampai tergoda dengan harga murah namun kualitas tidak sesuai dengan harapan. Sebelumnya Ayah dan Bunda bisa membandingkan dulu harganya dengan tempat lain untuk mendapatkan yang terbaik.

Memiliki sertifikat dari MUI

Agar lebih amannya pilih tempat penyembelihan hewan aqiqah yang sudah mengantongi sertifikat MUI. Kalau tidak sempat datang langsung ke lokasi kambing, Ayah dan Bunda bisa meminta video atau dokumentasi saat kambing disembelih. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kambingnya sudah disembelih sesuai syariat Islam.

Menyediakan beragam menu olahan kambing

Kambing memiliki aroma tersendiri yang berbeda dengan aroma sapi atau ayam. Bila yang memasak kurang pandai mengolah kambing, kemungkinan aroma prengus itu akan tetap tercium. Untuk menghindari terjadinya hal ini, Ayah dan Bunda bisa meminta tester masakan mereka terlebih dahulu.

Semakin banyak menu masakan yang ditawarkan akan semakin baik pula. Biasanya pihak penyedia jasa aqiqah di Bandung akan menyiapkan menu berupa gulai atau sate kambing. Namun ada juga yang menyajikan sop kambing, krengsengan atau olahan khas Timur Tengah.

Bersedia mengantar ke tempat acara

Meskipun pemilik acara bisa saja mengambil sendiri, namun akan lebih baik bila masakannya diantar langsung ke acara. Selain lebih menghemat waktu, cara ini juga bisa lebih menghemat biaya yang dikeluarkan. Ada beberapa jasa paket aqiqah yang bersedia mengantarkan ke acara tanpa tambahan biaya lagi.

Demikian empat trik memilih jasa aqiqah di Bandung. Meskipun tidak terlalu lengkap namun semoga bisa membantu Ayah dan Bunda untuk mencari referensi yang terbaik. Semoga acara aqiqah yang akan diadakan berlangsung lancar. Selamat berbahagia atas hadirnya anggota baru dalam keluarga Ayah dan Bunda.

Informasi Seputar Aqiqah DI BANDUNG

Instagram
https://www.instagram.com/dombadombi.id/

Pesan Aqiqah Online
https://dombadombi.id

#paketaqiqahdibandung #jasaaqiqahdibandung #paketaqiqahdibandung #aqiqahdibandung #layananaqiqahdibandung #dekorasiaqiqahdibandung