Aqiqah untuk Orangtua yang Sudah Meninggal – Parents, sebagai bentuk bakti, kita selalu ingin mempersembahkan pahala mengalir bagi orangtua yang sudah meninggal. Tak jarang, ada anak yang mengaqiqahi orangtua, karena di masa kecilnya, sang ayah/ibu tidak diaqiqahi.

aqiqah orangtua

Bagaimana ya hukumnya Aqiqah untuk Orangtua yang Sudah Meninggal ?

Perlu diketahui dulu parents, kalau dalam Islam, aqiqah umumnya diserupakan dengan kurban. Imam Nawawi menjelaskan, jika ada orang yang berkurban atas nama orang lain tanpa seizinnya, maka itu tidak sah. Begitupun aqiqah.

Tapi ada pengecualian. Imam Al Baghawi berpendapat, memang berkurban/aqiqah atas nama orang yang sudah meninggal hukumnya tidak sah. Tapi bisa dilakukan JIKA orang yang wafat tersebut berwasiat semasa hidupnya.

Ini merujuk pada perkataan Ali bin Abi Thalib, “Sesungguhnya Rasulullah SAW memerintahkan kepadaku agar berkurban atas nama beliau untuk selama-lamanya, maka aku berkurban atas nama beliau untuk selama-lamanya.” (HR Abu Dawud)

Adapun jika parents ingin mewujudkan bakti pada orangtua yang sudah meninggal, bisa dilakukan dengan banyak mendoakan dan memohon ampun untuk mereka, atau Dalam kitab al Majmu’ Syarh al Muhaddzab karya Imam Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syaraf al-Nawawi menjelaskan bahwa jika seseorang berkurban atas nama orang lain tanpa seizinnya, maka hal itu tidak sah. Dan jika berkurban atas nama orang yang telah meninggal, maka Imam Abu al Hasan al ‘Ubbadi memutlakkan kebolehannya, karena hal itu merupakan bagian dari sedekah, dan sedekah adalah sah atas nama orang yang telah meniggal.

Namun menurut Imam al Baghawi berkurban atasnama orang yang sudah meninggal hukumnya tidak sah, kecuali ia berwasiat dengan hal itu. Imam al ‘Ubbadi dan yang lain berlandaskan pada hadits Ali bin Abi Thalib radliyallahu ‘anhu yang menyatakan bahwa sesungguhnya beliau berkurban dengan 2 ekor kambing atas nama Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dan 2 ekor kambing atas nama dirinya sendiri.

Jangan lupa tag temanmu dan share pos ini ya agar banyak orang terbantu dengan infonya!

Info & pemesanan:
0821-1530-0900
www.dombadombi.id