Aqiqah Untuk Anak Laki Laki

Ketentuan dan Tata Cara Aqiqah Untuk Anak Laki laki dan Anak Perempuan _ Aqiqah adalah sebuah sunnah yang diajarkan oleh nabi Muhammad saw dalam menyambut bayi yang baru lahir. Aqiqah lazimnya diadakan pada hari ketujuh, keempat belas maupun hari kedua puluh satu. Namun bila tidak mampu, boleh dilaksanakan kapan saja setelah mampu.

Aqiqah sendiri ada yang meyakini hukumnya sunnah muakkad, tetapi ada juga yang menganggapnya wajib. Sedangkan secara bahasa, aqiqah artinya memotong, diambil dari bahasa Arab. Sedangkan menurut istilah bermakna proses penyembelihan kambing setelah bayi lahir, dan berupa perwujudan rasa syukur kepada Allah Swt.

Tata cara aqiqah untuk anak laki laki dan Aqiqah Anak Perempuan sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Hanya jumlah kambing yang harus disembelih saja yang membedakan. Konsepnya sendiri sama karena sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Bukhari, Tirmidzi maupun Ahmad.

Proses Pelaksanaan Aqiqah Untuk Anak Laki laki dan Perempuan

Ada beberapa tata cara yang akan dijalani saat melakukan aqiqah untuk anak laki laki dan aqiqah anak perempuan. Sebagian bisa dilakukan oleh orang tua sendiri atau diserahkan pada pihak penyedia jasa aqiqah apabila orang tua kerepotan. Berikut ini penjelasannya.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah Untuk Anak Laki laki dan Aqiqah Anak Perempuan

Berdasarkan sebuah hadits nabi Muhammad saw, sebaiknya aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah bayi lahir. Boleh juga pada hari keempat belas atau kedua puluh satu. Namun orang tua yang belum mampu masih boleh diundur sampai sanggup mengadakannya. Atau melaksanakan sendiri saat mencapai usia dewasa.

Syarat Yang Harus Dipenuhi dalam Aqiqah Untuk Anak Laki laki dan Aqiqah Anak Perempuan

Adapun aqiqah untuk anak laki laki disyaratkan menyembelih dua ekor kambing. Sedang pada aqiqah untuk anak perempuan cukup satu ekor kambing saja. Selain itu kambing yang akan disembelih juga harus memenuhi beberapa syarat agar sah.

Kambing tidak boleh berumur kurang dari satu tahun, jenisnya bebas, bisa kambing jantan maupun kambing betina. Tidak boleh ada cacat, terlebih lagi yang nampak langsung dilihat mata. Misal badan terlalu kurus, gigi tidak lengkap, atau kakinya pincang. Demikian syarat kambing yang harus dipenuhi.

Kambing harus disembelih sesuai syariat Islam. Setelah selesai disembelih daging kambing harus diolah atau dimasak dulu sebelum dibagikan. Di sini perbedaannya antara aqiqah dan daging qurban. Daging qurban dibagikan dalam keadaan mentah, sedang aqiqah untuk anak laki laki dan aqiqah anak perempuan harus matang terlebih dulu.

Pencukuran Rambut Anak

Baik anak laki laki dan anak perempuan sama-sama harus dicukur rambutnya. Disarankan pula untuk mnggunting habis seluruh rambut baru kemudian ditimbang. Kemudian dianjurkan untuk bersedekah perak atau emas atau sejumlah uang senilai perak/emas yang timbangaannya sama dengan rambut tadi.

Hikmahnya adalah untuk menghilangkan semua kotoran yang di bawa sang Bayi ketika lahir. Selain itu juga sebagai rasa syukur dan berbagi kebahagiaan dengan bersedekah sejumlah timbangan rambut Bayi.

Memberikan Nama Anak Dengan Nama Yang Baik

Selain penyembelihan kambing aqiqah untuk anak laki laki, biasanya diiringi juga dengan memberi nama anak. Karena nama mengandung harapan demi kebaikan anak dalam masa depannya, sebaiknya beri nama yang berisi doa. Dalam Islam anak laki laki sering diawali dengan nama Muhammad, sedangkan perempuan banyak yang menggunakan nama anak Rasulullah atau istri beliau.

Doa Untuk Bayi

Selepas proses pembagian daging kambing dan pemberian nama, lazimnya akan ditutup dengan doa yang terbaik untuk kebaikan anak serta keluarga.Pembacaan doa ini bisa dipimpin oleh alim ulama atau warga setempat yang dituakan.

Demikian tata cara aqiqah untuk anak laki laki maupun aqiqah untuk anak perempuan yang sesuai syariat Islam. Bagi orang tua yang tidak memiliki waktu lebih atau terlalu sibuk untuk mempersiapkan acara sendiri, bisa menggunakan jasa aqiqah. Banyak jasa aqiqah yang siap melayani sampai acara aqiqah selesai.

Informasi Lengkap AQIQAH untuk ANAK LAKI LAKI DAN AQIQAH untuk ANAK PEREMPUAN

dombadombi.id
Aqiqah Bandung

https://wa.me/6282115300900/

Galeri Aqiqah Anak Laki laki dan Aqiqah Anak Perempuan

Instagram
Facebook