Domba Aqiqah Di Bandung

3 Kriteria Penting Dalam Memilih Domba Aqiqah Di Bandung Yang Berkualitas! Sebagai salah satu syariat Islam, maka pelaksanaan aqiqah tentu saja harus sesuai dengan aturan yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadis. Dalam hal ini, bukan hanya tentang tata cara dan waktu saja melainkan juga mengenai pemilihan hewan yang akan disembelih.

Oleh karena itu, para orang tua benar-benar harus memerhatikan hal tersebut. Kekeliruan dalam pemilihan hewan sembelihan tentu menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan. Hal itu karena proses menyembelih hewan menjadi salah satu bagian terpenting dalam rangkaian acara aqiqah.

Kriteria Memilih Domba Aqiqah Di Bandung Yang Berkualitas

Berdasarkan syariat Islam, salah satu hewan yang bisa disembelih untuk acara aqiqah adalah domba. Untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan domba sembelihan, maka orang tua sebaiknya menanyakan kepada seorang tokoh agama. Namun, pengetahuan agama mengenai hal tersebut sebenarnya penting dimiliki oleh setiap orang tua. Oleh karenanya, simak sejumlah kriteria memilih domba aqiqah di Bandung berikut ini.

Kriteria Umur domba aqiqah di Bandung

Hewan yang bisa disembelih untuk acara aqiqah tidak boleh asal dipilih begitu saja, termasuk dalam segi umur. Sebelumnya, perlu diingat bahwa domba bukan satu-satunya hewan yang bisa disembelih untuk acara aqiqah. Para orang tua juga bisa menggunakan hewan lain seperti unta, sapi, dan kambing.

Berdasarkan penjelasan para ulama, setiap hewan tersebut bisa disembelih jika sudah mencapai minimal ketentuan umur yang disyariatkan Islam. Dalam hal ini, 5 tahun untuk unta, 2 tahun untuk sapi, 1 tahun untuk kambing. Sementara bagi orang tua yang ingin menyembelih domba aqiqah di Bandung, maka minimal umurnya adalah 6 bulan.

Kriteria Kesehatan

Sehat tidaknya hewan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan orang tua dalam pemilihan hewan sembelihan. Berdasarkan petunjuk yang terdapat dalam hadis dijelaskan bahwa dalam pembelian hewan aqiqah, maka orang tua hanya boleh memilih hewan yang bebas dari cacat.

Terdapat empat jenis hewan yang bisa mengakibatkannya tidak layak disembelih. Dalam hal ini, hewan yang matanya buta baik sebelah apalagi keduanya, hewan yang  sakit, hewan yang pincang, dan hewan yang sangat kurus. Maka, dalam pembelian domba aqiqah di Bandung sudah seharusnya dilakukan dengan hati-hati dan teliti.

Orang tua sebaiknya memastikan kualitas dari hewan sebelum dibeli. Lebih baiknya, orang tua mendatangi langsung lokasi penjualan agar bisa melihat dengan jelas hewannya. Hal tersebut merupakan hal yang tidak boleh diremehkan karena hewan sembelihan yang tidak sesuai dengan syarat pada akhirnya akan dinilai tidak sah.

Kriteria Jenis Domba Aqiqah Di Bandung Yang Berkualitas

Hakikatnya, hewan terdiri dari dua jenis, yaitu jantan dan betina. Adanya kedua jenis tersebut tidak jarang membuat orang tua bingung memilih jenis hewan yang bisa disembelih, termasuk ketika ingin membeli hewan domba aqiqah di Bandung. Pada dasarnya, hadis hanya menjelaskan secara umum mengenai hewan yang bisa disembelih.

Oleh karena itu, dapat dipahami bahwa baik jantan maupun betina kedunya dapat digunakan sebagai hewan sembelihan untuk aqiqah. Namun, domba jantan paling afdhal. Sebab, domba jantan dinilai jauh lebih gemuk sehingga hal itu membuat semakin banyak orang yang bisa menikmati dagingnya.

Meski demikian, hal itu disesuaikan pula dengan dana yang dimiliki. Sebab, domba jantan umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Oleh karena itu, jika memang merasa tidak mampu membeli domba aqiqah di Bandung yang berjenis jantan, maka menyembelih domba betina pun tidak ada masalah. Tidak perlu terlalu memaksakan karena hal paling penting adalah mengenai keikhlasan.

Selain jenis, perlu diingat bahwa jika memilih domba sebagai hewan sembelihan, maka orang tua harus mengetahui bilangannya. Dalam hal ini, 2 ekor domba jika anaknya laki-laki dan 1 ekor domba jika perempuan. Namun, ada keterangan yang menyatakan bahwa jika orang tua tidak mampu membeli 2 ekor untuk aqiqah anak laki-laki, maka bisa menggunakan 1 ekor saja.

Demikian informasi seputar kriteria memilih domba aqiqah di Bandung. Semua kriteria tersebut benar-benar harus diperhatikan agar hewan sembelihan untuk aqiqah dapat dinilai sah. Sebaiknya jangan terlalu tergiur pada harga yang murah karena sejatinya hal yang paling utama adalah kualitas.

 

Informasi seputar Aqiqah dan Pemesanan

Aqiqah Bandung Dombadombi
Jl. Andir No.138, RT.001 RW010, Ciroyom,
Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40183
+6282115300900

Rekomendasi Aqiqah Bandung | Dombadombi
Kavling Leuwidulang Blok A no. 18, RT.06/RW.02, Rancamulya,
Kec. Pameungpeuk, Bandung, Jawa Barat 40376
+62 82121466572

Follow & Support Social Media
Instagram & Facebook

 

Baca Juga Artikel lainnya:

5 Cara Menemukan Jasa Dengan Harga Dekorasi Aqiqah Di Bandung Pas!

Kualitas Aqiqah Bandung Murah Terjamin!

Aqiqah Nasi Kebuli Bandung Berkualitas Terpercaya!