Paket Aqiqah Bandung

Simak Tata Cara Aqiqah dan 3 Tips Memilih Jasa Paket Aqiqah Bandung Agar Tidak KecewaAqiqah adalah serangkaian kegiatan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas kelahiran seorang bayi. Kegiatan ini dilakukan dengan cara melakukan penyembelihan hewan, mencukur rambut, dan pemberian nama kepada anak. Artikel berikut akan menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan aqiqah yang sesuai dengan ketentuan dalam Islam.

Tata Cara Melakukan Ibadah Aqiqah Sesuai Agama

Beberapa ulama menyatakan pendapat yang berbeda terhadap hukum pelaksanaan aqiqah. Ada ulama yang menyatakan bahwa aqiqah wajib dilaksanakan, ulama lain menyatakan ibadah ini sifatnya sunnah. Akan tetapi pendapat yang dianggap shahih adalah yang menyatakan hukumnya sunnah mu’akkad, artinya aqiqah adalah ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Bagaimanakah pelaksanaan ibadah aqiqah yang sesuai?

Kriteria hewan yang Disyaratkan untuk Aqiqah

Hewan yang digunakan sebagai paket aqiqah di Bandung umumnya adalah kambing atau domba, boleh jantan ataupun betina. Alangkah baiknya jika memilih hewan jantan karena tubuhnya lebih besar dan lebih gemuk. Kambing harus berusia minimal satu tahun, sedangkan domba minimal berusia 6 bulan.

Hewan aqiqah yang akan digunakan harus sehat dan tidak cacat. Hewan tersebut harus memenuhi beberapa kriteria yaitu tidak buta, baik buta sebelah maupun kedua-duanya, tidak sakit, dan tidak pincang. Telinga dan ekor hewan tidak terpotong hingga sepertiga bagian. Hewan harus sehat dan gemuk, jangan pilih hewan yang sangat kurus sampai tampak tulang rusuknya.

Terdapat perbedaan dalam jumlah hewan untuk paket aqiqah Bandung bagi bayi lelaki dan perempuan. Bagi bayi lelaki banyaknya hewan aqiqah yang disembelih adalah dua ekor kambing atau domba. Pilihlah hewan yang besarnya kurang lebih sama. Adapun syarat hewan aqiqah yang digunakan bagi bayi perempuan adalah satu ekor kambing atau domba.

Bilakah Ibadah Aqiqah Dilaksanakan?

Ibadah aqiqah biasanya dapat dilaksanakan setelah anak berusia 7 hari. Apabila belum bisa, maka dapat dilaksanakan pada saat bayi berumur 14 atau 21 hari. Namun sebenarnya pelaksanaan ibadah ini bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan orangtua, sehingga bisa dilakukan kapan saja saat orangtua telah mampu. Jika anak telah baligh dan belum melakukan aqiqah, maka sunnah bagi si anak untuk melaksanakannya sendiri.

Ibadah Sunnah Lain yang Dilakukan Pada Saat Aqiqah

Bersamaan dengan penyembelihan hewan aqiqah, maka kegiatan sunnah lain yang dilakukan adalah mencukur rambut, memberi nama bayi, dan membagikan daging. Berbeda dengan kurban, daging yang dibagikan kepada tetangga dan kerabat harus sudah berupa masakan.

Demi alasan kepraktisan, masyarakat biasanya memakai jasa katering untuk mengolah daging hewan menjadi masakan yang lezat. Simak kelanjutan artikel berikut untuk mengetahui tips memilih jasa katering aqiqah yang baik.

Tips Memilih Jasa Katering Paket Aqiqah Bandung

Memilih jasa katering paket aqiqah Bandung tentu tidak boleh sembarangan, Orangtua harus menggunakan jasa yang terpercaya agar ibadah aqiqah yang diseleggarakan sesuai dengan aturan agama. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan para orangtua saat memilih jasa katering, simak caranya berikut ini.

Pilih Jasa Katering yang Berpengalaman dan Sesuai Syariat

Jasa katering yang berpengalaman pasti mengetahui pelaksanaan aqiqah yang sesuai syariat Islam mulai dari pemilihan hewan hingga penyembelihan. Pengolahan hidangannya tentu juga memiliki cita rasa yang baik, tatanannya bersih dan rapi.

Menyediakan Aneka Pilihan Paket Aqiqah Bandung

Pilihan paket yang beragam akan memudahkan pelanggan untuk memilih sesuai kebutuhan dan bujet. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, pastikan untuk mencari tahu tentang katering tersebut dan bandingkan harganya dengan jasa katering lain.

 

Demikianlah tata cara pelaksanaan berikut 3 tips memilih jasa catering paket aqiqah bandung yang bisa Anda lakukan. Selain ketiga syarat tersebut, sebaiknya pilih juga perusahaan yang menyediakan layanan antar sehingga Anda tidak perlu repot mengambil masakannya sendiri. Semoga artikel ini bisa membantu.

Baca Juga : 
Aqiqah Bandung
REKOMENDASI AQIQAH DI BANDUNG, 082115300900
4 Tips Memilih Paket Aqiqah di Bandung

Follow dan Share
Instagram
Facebook