Syukuran Aqiqah

Anjuran Syukuran Aqiqah Bayi Bisa Dengan Sedekah Emas Atau Perak? _ Dalam Islam dianjurkan untuk mengadakan perayaan setelah anak lahir. Upacara untuk merayakan kehadiran bayi ini disebut aqiqah. Aqiqah sendiri adalah perwujudan rasa syukur orang tua kepada Allah Swt atas lahirnya anugerah berupa anak.

Pada acara aqiqah ini biasanya akan disembelih satu atau dua ekor kambing, lantas dibagikan kepada masyarakat sekitar. Daging kambing harus sudah diolah terlebih dulu agar penerima daging tinggal menyantapnya. Namun pada aqiqah bukan hanya sekedar menyembelih kambing, namun juga ada pemberian nama serta tata cara lain.

Syukuran aqiqah bayi ditujukan kepada masyakat sekitar atau orang yang sekiranya membutuhkan sedekah tersebut. Selain sedekah berupa daging, ada juga sedekah berupa emas, perak atau uang senilai logam berharga tadi.Aqiqah sendiri bisa dilakukan setelah bayi berumur 7 hari, 14 hari atau 21 hari.

Pada pelaksanaannya selain penyembelihan kambing, disertakan juga pemberian nama untuk anak. Serta doa bersama bagi kebaikan anak serta seluruh keluarga. Sedang hukum aqiqah adalah sunnah walau ada sebagian ulama yang meyakini hukumnya wajib. Pelaksanaan aqiqah ini telah dianjurkan oleh Rasulullah saw daaam hadis yang diriwayatkan oleh imam Ahmad.

Pada acara aqiqah rambut anak juga akan dicukur. Pencukuran rambut ini memiliki beberapa tujuan. Namun biasanya karena orang tua percaya bila rambut dibersihkan, rambut selanjutnya akan tumbuh subur serta lebat. Ada pula karena alasan kebersihan atau simbol-simbol lain.

Hikmah dari mencukur rambut bayi adalah membersihkan dari kotoran yang menempel pada rambut sang Bayi, saat berada di dalam rahim. Selain itu mencukur rambut bayi merupakan bukti ketaatan kita terhadap ketentuan hukum, mengingat mencukur rambut bayi merupakan salah satu rukun Aqiqah. Adapun rambut yang telah dicukur selanjutnya akan ditimbang untuk jadi sedekah aqiqah.

Apakah Sebaiknya Syukuran Aqiqah Bayi Bisa Dengan Berbagi Sedekah Emas Atau Perak?

Syukuran Aqiqah Bayi

Syukuran aqiqah bayi selain memberi nama juga bersedekah daging kambing. Serta memberikan sedekah senilai berat rambut bayi yang telah dicukur saat aqiqah untuk disedekahkan. Pertama rambut bayi tadi ditimbang beratnya lantas ditukarkan dengan uang senilai emas atau perak. Namun ada beberapa perbedaan pendapat yang menyatakan apakah lebih baik emas atau perak. Berikut penjelasannya.

Syukuran Aqiqah Bayi Dengan Membagikan Emas

Imam Nawawi dalam kitab Almajmu menjelaskan pendapat ulama tentang mencukur rambut bayi. Selain mencukurnya, namun juga ditambah dengan menyedekahkan emas senilai berat timbangan rambut anak tersebut. Dan ini pun hukumnya sunnah sesuai kesepakatan kaum ulama islam.

“Disunahkan mencukur rambut anak pada hari ketujuh. Ulama Shafiiyah mengucapkan :sunnah bersedekah emas seberat timbangan itu. Jika tidak bisa emas, maka gunakan perak. Berlaku bagi anak perempuan atau anak laki-laki. “ Demikian yang dijelaskan dalam kitab Almajmu oleh imam Nawawi.

Sedekah Perak Senilai Rambut Bayi

Namun bila orang tua tidak mampu bersedekah dengan emas, tidak apa menggunakan perak. Karena Nabi Muhammad saw juga menyuruh anak beliau, sayyidah Fatimah untuk bersedekah perak saat aqiqah cucu beliau. Dan banyak ulama yang berpendapat bahwa perak lebih utama.

Daaam kitab Tuhfatul Maudud, ibnu Qoyyim menjelaskan beberapa riwayat hadits yang menerangkan tentang aqiqah. Hadis tersebut juga memuat anjuran untuk bersedekah dengan perak. Begitu pula dengan imam Maliki yang menyebutkan tentang syukuran aqiqah bayi yang dilakukandengan menggunakan perak. Ini dijelaskan dalam Al Muwatha’ kitab yang beliau tulis.

Adapun bila kesulitan untuk memberikan sedekah dalam bentuk perak, boleh dibagikan dengan uang setara nilai perak tadi. Misal berat rambut anak sekitar 3 gram, sedangkan nilai perak sekarang ini Rp 35.000. Maka cukup Rp 35.000 x 3 gram, dan dibagikan berapapun hasil yang didapatkan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai syukuran aqiqah bayi yang diwujudkan dalam bentuk sedekah dari rambut anak. Boleh dibagikan dalam bentuk emas atau perak. Namun boleh juga dengan uang yang sama nilainya. Sedang rambut anak yang telah dicukur, bisa disimpan orang tua sebagai kenangan. Asal tidak menyalahi hukum syariat Islam.

Baca Artikel Aqiqah Lainnya di dombadobi.id

Inspirasi Dekorasi Aqiqah Sederhana dan Simple
Rekomendasi 4 Undangan Aqiqah Anak Penuh Inspirasi
Jasa Aqiqah Murah di Bandung
REKOMENDASI AQIQAH DI BANDUNG

Info Seputar Aqiqah dan Kehamilan
SELengKAPNYA